Senin, 05 November 2012

CARA MENJAHIT DENGAN BENAR UNTUK PEMULA

Bagi para pemula yang baru latihan menjahit, berikut ini adalah petunjuk praktis bagaimana cara menjahit yang benar.

  1. Tarik benang atas dan bawah keduanya melewati bawah sepatu mesin, ditarik menjauhi posisi penjahit.
  2. Masukkan kain yang akan dijahit ke bawah sepatu, tusukkan jarum pada posisi jahitan yang dikehendaki dengan cara memutar pelan roda mesin pakai tangan.
  3. Kebawahkan sepatu mesin jahit sehingga kain yang akan dijahit tertekan sepatu.
  4. Mulailah menjahit dengan tenang, tidak perlu cepat-cepat dulu, yang penting cari rapihnya dulu.
  5. Gunakan bagian tepi sepatu mesin sebagai mal yang selalu dilihat mata dan dijadikan patokan kerapihan hasil jahitan. Untuk jahitan yang berjarak 1 cm lebih dari tepi kain, pada mesin diberi tanda (bisa ditempel isolasi warna) sebagai patokan kerapihan jahitan.
  6. Sebelum melepaskan kain yang baru dijahit, pastikan mesin sudah berhenti dan posisi jarum berada di atas yang setinggi-tingginya.  Angkat sepatu mesin, dan tariklah kain yang baru dijahit.  Gunting benang yang terbawa kain dengan posisi gunting menempel kain, sehingga tidak ada benang sisa jahitan yang terbawa kain.
  7. Jahitan di ujung kain yang riskan lepas perlu dikunci dengan memberi jahitan arah balik sebanyak beberapa tusukan jarum.
  8. Ketika menjahit sambil memeriksa hasil jahitan. Bila jahitan kendur atau tidak normal, segera berhenti dan betulkan dulu, sampai hasil jahitan baik dan normal kembali.
Demikian sedikit petunjuk praktis bagi para pemula yang baru latihan menjahit, semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar