sislatandu

Senin, 05 November 2012

MENGATASI MESIN JAHIT REWEL


Kerewelan Mesin Jahit Yang Sering Dialami Penggunanya


1. Benang jahitan atas sering putus.
Penyebab gangguan antara lain, pertama karena benang jahit menyangkut akibat menjahit dengan arah yang salah (putaran kebalik).  Penyebab kedua memasang jarum terlalu kebawah menyebabkan ketegangan benang terlalu besar dan mudah putus. Penyebab ketiga benang terlalu kasar atau terlalu halus, tidak sesuai dengan jenis kain yang dijahit, serasikan antara benang dan kain yang dijahit, serta nomer jarumnya.

Solusi:
·         Pastikan putaran roda mesin tidak terbalik meski hanya sebentar (beberapa putaran)
·         Pastikan posisi jarum mesin jahit sudah tepat pada tempatnya, tidak terlalu tinggi tidak terlalu rendah.
·         Sesuaikan nomor benang dan nomor jarum sesuai dengan kain yang dijahit.

2. Benang jahit bawah sering putus
Penyebab gangguan antara lain benang bawah digulung pada spul/kumparan dengan tidak rapi, tegangan benang pada sekoci terlalu besar, atau putaran benang bawah kebalik (seharusnya putaran kumparan benang berlawanan arah jarum jam), atau sebab lain jalur benang tidak sempurna melewati rumah sekoci.

Solusi:
·         Periksa pemasangan spul benang pada sekoci, bila benang ditarik pastikan arah putaran spul berlawanan arah jarum jam
·         Pastikan jalur benang bawah sudah terpasang melewati rumah sekoci dengan benar

3. Hasil jahitan tidak kuat/ kendur.
Hasil jahitan kendur karena benang atas dan bawah tidak seimbang, kenceng sebelah.

Solusi:
·         Sesuaikan tegangan benang atas menjadi seimbang dengan tegangan benang bawah
·         Bila benang atas kendur, putar ke kanan pengatur tegangan benang atas, sampai hasil jahitan kuat dan kenceng rata.
·         Bila benang atas terlalu kenceng, putar ke kiri pengatur tegangan benang atas, sampai hasil jahitan kuat dan kenceng rata.
·         Hasil jahitan bisa kuat dan rata bila ketegangan benang atas dan ketegangan benang bawah seimbang, sama seretnya, pada tingkat keseretan yang pas.

4. Kain hasil jahitan mengerut secara merata
Penyebab gangguan karena tegangan benang terlalu kuat.  Lazimnya disebabkan karena ada kesalahan memasang benang bawah, bisa spul kebalik atau benang tidak melewati jalan yang benar sehingga ketegangan benang bawah terlalu kuat, tetapi diimbangi dengan memutar pengatur ketegangan benang atas sampai seimbang ketegangan benangnya.  Akibatnya ketegangan benang atas dan bawah bisa seim-bang tetapi terlalu kuat ketegangan benangnya, hasil jahitan yang terlalu kuat bisa membuat kain hasil jahitan berkerut-kerut merata sepanjang jahitan.

Solusi:
·         Periksa kembali sekoci mesin, pastikan posisi benang bawah sudah mapan tidak terlalu seret tarikannya
·         Putar ke kiri pengatur ketegangan benang atas sampai keseimbangan ketegangan benang serasi dengan benang bawah.

5. Kain hasil jahitan mengerut tidak merata (kerutannya loncat-loncat)
Penyebab dari gangguan ini karena jarum mesin jahit sudah tumpul, sudah tidak tajam lagi.  Ketika jarum jatuh disela kain yang dijahit, hasilnya jahitan normal. Tetapi ketika jarum yang tumpul tepat jatuh pada posisi benang anyaman kain, maka kain akan tertarik ikut benang tumpul, dan terjadi kerutan, karena itu kerutannya meloncat-loncat.

Solusi:
Ganti jarum mesin jahit dengan yang masih tajam, jarum mesin yang berkualitas lebih lama tajamnya.

5. Mesin tidak lancar dan berisik.
Penyebab dari gangguan ini karena mesin jahit kering kurang minyak pelumas, atau ada sisa benang-benang lepas yang tersangkut di mesin atau ada penumpukan debu dan sisa serat kain pada gigi mesin.

Solusi:
·         Bersihkan mesin jahit dari serat-serat kain dan benang yang tertinggal diseputar gigi-gigi mesin meng-gunakan kuas.
·         Beri minyak pelumas pada throat plate (penutup gigi) dengan pelumas yang berkualitas baik.
·         Bila perlu, sebelum membersihkan mesin lepaskan dulu penutup gigi dengan melepaskan dua baut yang terpasang di penutup gigi.
·         Beri minyak pelumas pada bagian-bagian mesin yang menimbulkan gesekan pada waktu mesin sedang berputar.

165 komentar:

  1. Mesinjait putarannya berat gimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila stelan mesin terlalu kenceng, solusinya harus dikendorkan. Bila karena kering kurang oli, solusinya perlu diberi minyak pelumas...

      Hapus
    2. terimakasih atas komentar dan doanya, semoga Anda juga semakin sukses, panjang umur dan lancar rizkinya, amien.

      Hapus
    3. Assalamu'alikum...
      gan mau tanya dong... mesin jahit sy klo buat jahit bahan tipis seperti bahan sifon dll hasil jahitan kencang jadi kesan nya kurang rapih, solusinya apa yh? Mohon pencerahan nya, maturnuwun...

      Hapus
    4. wa alaikum slm... benang atas terlalu kencang, putar pengatur ketegangan benang atas untuk mengurangi ketegangannya...

      Hapus
    5. Tempat untuk mengait jarum murnya patah jadi gx bisa ngganti jarum nih gimana cara melepasnya

      Hapus
    6. Kalau benang yang atas nggak bisa ngait benang yang bawah, solusinya gimana kak ?
      Nggak ada jahitan sama sekali

      Hapus
    7. Saya mau tanya, mesin jahit saya sepatu nya ga mau kebawah. Type mesin jahit typical. Bawahnya udah disenggol tetep ga mau k bawah. Di kendorin bautnya yg samping mesin, ga bisa juga. Mohon. Petunjuknya

      Hapus
    8. Klw tempat benang atas lepas ifu gmna ya cara balikin... klw di balikin kok gampang lepas

      Hapus
    9. Klw tempat benang atas lepas ifu gmna ya cara balikin... klw di balikin kok gampang lepas

      Hapus
    10. mesinku lepas fanbelt, d puter pake tangan suara kletek kletek,, kalo mesin d hidupin,malah lebih kerasa suaranya,. tk buka bagian belakang, ternyata gigi nanas itu aus,.gimana solusinya ya buat gigi nanas yang masuknya rusak parah,.

      Hapus
  2. Makasih banyak, bermanfaat sekali. Semoga menjadi berkah. Sukses untuk blog ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih... semoga doa mb Susanti qobul buat kita semua... amien.

      Hapus
  3. Ada trik ga biar benang spul ga habis2, seperti mesin jarum 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. sementara ini kami belum punya trik supaya benang spul ga habis2... mhn maaf dan makasih komentarnya.

      Hapus
  4. Saya mencb jait zigzag ... tetapi anehnya bentuk jaitan atas salah. Sedangkan jaitan bawah benar. Itu karena apa ya? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. posisi jarum kurang kebawah, sehingga terjadi jahitan loncat, yang tampak seperti salah pada bagian atasnya. Silakan turunkan posisi jarum sedikit aja, lalu coba untuk jahit zigzag...

      Hapus
    2. Halo...mau tanya..mesin jahit portabel ku benang dari sekoci suka kusut
      Itu kenapa ya min..mohon bantuannya

      Hapus
  5. gimana cara nya agar suara mesin jahit jadi halus, kmren sya ud kasih mnyak
    pelumas, tpi suara nya msih ttp kasar, mhon pencerahan nya Mksh,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sudah dikasih pelumas suaranya masih kasar, karena setelan dudukan pada mesin ada yang kendor (goblag). Silakan disetel yang pas, kalo terlalu mepet mesin jadi berat putarannya, kalo terlalu kendor mesin jadi keras suaranya. Setelah dudukan yang pas adalah yang ringan putarannya tetapi halus suaranya... Makasih.

      Hapus
    2. Bagian dudukan itu yang sebelah mana ya pak?

      Hapus
  6. Klu ni yang atas jhtnnya jdi yang bwah lps smua ituu knp yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu terjadi karena tidak terjadi kaitan antara benang atas dan benang bawah. Benang atas tampak seperti jadi, tapi sebenarnya cuma masuk ke bawah kain dan keluar lagi tanpa mengkait benang bawah. Kalo benang atas ditarik juga akan lepas, dan benang bawah malah sudah lepas sendiri karena tidak ada kaitan dengan benang atas.
      Sebabnya karena pasang jarumnya kurang ke bawah, jadi tidak bisa mengkait benang bawah.
      Solusinya, coba pasang jarumnya diturunkan sedikit supaya bisa mengkait benang bawah...
      semoga berhasil ya... makasih mba/ibu diana wulandari...

      Hapus
  7. Klu ni yang atas jhtnnya jdi yang bwah lps smua ituu knp yaaa

    BalasHapus
  8. Kalo ngatasin msin jarum 2 yg slalu putus gmana

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada penggunaan jarum 2, benang bawah melayani dua jarum, dan gerakan benang bawah menjadi zigzag. Sementara benang atas lurus berjajar seperti rel kereta api. Ini berarti pada jarak jahitan yang sama, panjang benang bawah lebih panjang dibanding benang atasnya.
      Supaya terjadi keseimbangan benang, maka ketegangan benang bawah harus lebih lemah dibanding benang atasnya. Kalo pada jarum satu, ketegangan benang atas dan bawah perlu seimbang, karena pemakaian benang atas dan bawah relatif sama panjangnya. Tapi berbeda pada penggunaan jarum dua, yang bawah harus lebih lemah ketegangannya.
      Solusinya, coba atur ketegangan benang bawah dengan memutar baud pada sekoci ke kiri (berlawanan arah jarum jam) supaya ketegangan benang bawah berkurang.
      Silakan dicoba, semoga berhasil, terimakasih respon dari mas/bp saepul malik...

      Hapus
  9. Sya udah cek semua dari jarum stetelan sekoci dan setelan yang bagian atas tapi masih tetep putus benang bagian atas trus bagian bawah agak nyangkut. Tlong donk solusinyasolusinya saya sudah putus asa nh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dari jarum atas dan bawah alurnya udah diteliti, tapi benang atas putus terus, biasanya karena posisi jarumnya kebalik. Pada lobang jarum sisi yang satu diatas lobang ada lekukan, ini untuk lewat benang dengan aman dan alus. Disisi yang sebelahnya, diatas lobang tanpa ada lekukan, jadi tajam dan bisa memutus benang yang lewat. Jalannya benang harus masuk dari lobang jarum yang atasnya ada lekukannya. Di pangkal jarum ada bagian rata, itu pada posisi lobang jarum yang tanpa lekukan dan tajam bisa memutuskan benang.
      Solusinya, coba dibalik posisi jarumnya supaya benar, bagian pangkal jarum yang rata ada di dalam, ato lobang jarum yang atasnya ada lekukannya ada di bagian untuk memasukkan benang. Silakan dicoba, jangan putus asa ya... makasih.

      Hapus
  10. bisa nggak mesin bordir di jadikan mesin jahit baju....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesin bordir gunanya untuk membordir saja.
      Mesin jahit dapat digunakan untuk menjahit dan membordir manual.
      makasih.

      Hapus
  11. bisa nggak mesin bordir di jadikan mesin jahit baju....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya mau ganti mesin? he-he-he...
      Ya bisa saja, caranya mesin bordir dibawa ke pasar, ditukartambah dengan mesin jahit, nanti pulangnya bawa mesin jahit, he-he-he... mungkin itu yang dimaksud?

      Hapus
  12. Mesin jahit saya tidak mau membuat jahitan sama sekali, sudah saya bawa ke tukang service tapi tetap tidak bisa..ada solusi?
    Terima kasih
    Salam kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mesin masih mau muter, jarum masih mau naik turun, gigi penggerak kain masih gerak, mestinya masih mau membuat jahitan. Kalo ga mau menjahit besar kemungkinan setelan dudukan mesin masih kurang tepat pada posisinya. Untuk pas-nya tentu perlu liat mesin-nya ya, tapi yakin masih ada solusinya... Salam kenal kembali, makasih.

      Hapus
  13. kalo bahan yg dijahit tdk mau jalan kenapa ya pak? mkasih sbelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena setelan gigi-gigi mesin jahit kurang keatas, ato pengatur jarak jahitan pada posisi nol, coba diteliti giginya...

      Hapus
    2. Klau possi kurang keatas trs cara ngeatasin gmna y Pk...soalny mslh ny jg sma kyk saya....kain yg djht gk mau jln...tolng ksh solusinya y Pk...mksh

      Hapus
  14. kalo hasil jahitan yang bawah nyusur bagaimana ya? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. alur benang bawah kurang benar, atau stelan skoci terlalu kendor

      Hapus
    2. Kalau untuk ngencenginnya g i mana?

      Hapus
    3. Kalau untuk ngencenginnya g i mana?

      Hapus
  15. Kalo jahitan gak mau jln mungkin krn gigi jahit sudah aus.... Atau pengatur tekanan atas kain kurang kenceng

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi begitu sih, tapi gigi mesin jahit jarang yang aus. Biasanya krn posisi gigi kurang keatas, bisa juga jarak jahitan pada posisi nol, ga maju dan ga mundur...

      Hapus
  16. Hasil jahitan saya loncat dan kendur masing-masing singer. Putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jahitan loncat disebabkan karena pemasangan jarum jahit kurang kebawah, sehingga benang atas tidak ketemu simpul dengan benang bawah. Jahitan kendur karena benang atas terlalu kendur, coba sepatu mesin diturunkan lalu tarik benang atas, harusnya agak terasa sedikit berat tarikannya. Kalo ringan hasil jahitannya jadi kendur, solusinya putar pengatur ketegangan benang atas sampai pas tarikannya...

      Hapus
  17. kalo berisik pada pelatuk di bagian kepala mesin itu apaan ya.slain gesekan platuk pada bodi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tidak ada gesekan platuk pada bodi, biasanya karena baut pada dudukan platuk kurang kenceng, jadi goblag dan menimbulkan suara brisik.

      Hapus
  18. Saya mau bertanya, jadi saya mempunyai mesin jahit mini, portable, generasi S2. Sudah pernah saya pakai, namun tiba2 setelah saya mencoba untuk mengganti benangnya, tiba2 sudah tidak bisa dipakai lagi, awalnya saya kira ada kesalahan saat saya memasukkan benangnya ke dalam jarum, padahal saya memasukkannya dengan cara biasa, namun ternyata mesin jahit saya tak mau menjahit.. Ketika saya lihat di youtube, ternyata benang atas dan benang bawah saya tidak mau saling menarik, dan membuat saya tidak dapat memakai mesin jahitnya. Tolong saya jika ada yang tahu tentang bagaimana cara membenarkannya.. Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesin jahit mini portable generasi S2, kalo masih mau berputar tapi tidak mau mengkait benang jahitan disebabkan karena:
      posisi benang kurang kebawah, atau posisi skoci kurang mapan, atau pernah dipakai untuk jahitan tebal, mesin dipaksakan untuk berputar sehingga terjadi perubahan kedudukan pada rangkaian mesin. Komponen mesin mini portable itu kecil-kecil, sehingga bila dipaksa putar dengan putaran tangan kosong aja sudah bisa geser posisi komponennya, kalau diputar paksa terlalu kuat bahkan bisa rontok, karena onderdil kecil jadi lebih ringkih...

      Hapus
    2. masalah ini saya alami juga. apakah mesin masih bisa diperbaiki?
      tolong solusinya.

      trimakasih
      salam kenal

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  19. Permisi.mw tanya mesin jahit sy sring macet.gmna cra perbaiki ? sy pke mesin typical . mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering macetnya gimana? putarannya beratkah? kalo iya mungkin dalamnya kering jadi perlu ditambah oli mesin jahit. Tolong lebih detailkan, macetnya gimana ya?

      Hapus
    2. Bagaimana kalo tiang jarumnya tidak bergerak. Mohon solusinya

      Hapus
  20. Permisi mau tanya. Mesin jahit saya setikkan bawah menyerupai setikan atas sedangkan yang bawah menyerupai setikan atas. Cara memperbaikinya bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa maksudnya benang bawah ketarik keatas kain? bila demikian disebabkan benang atas terlalu tegang, coba putar pengatur ketegangan benang atas sampai seimbang dengan ketegangan benang bawahnya...

      Hapus
  21. Saya punya mesin jahit merk singer , tapi waktu saya mau pakai jarumnya selalu patah patahan terus , memang sih saya ingin jahit bahan yang cukup tebal , tetapi saya sudah pakai jarum baru . Gimana yah caranya agar jarum nya itu tidak patah patahan terus , tolpng bantu yahhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunakan ukuran jarum yang lebih besar, misalnya ukuran 14 atau lebih... mudah2an kuat menembus kain bahan yang cukup tebal...

      Hapus
  22. Siang...
    sy baru beli mesun jahit butterfly..stlh di pasang
    mesin di dayung jln/putar rodanya..tp jarumnya tdk naik turun/tdk bergerak sm skalu...itu knapa yaa...
    mhn penjelasannya..mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu roda yg besar dipegang kuat, roda putih mengkilat yg ditengah diputar kekanan (searah jarum jam) dan roda yg besar jangan ikut berputar. Setelah kenceng sekarang dicoba putar, semoga jarumnya bisa naik-turun...
      Itu karena kendur bu... mungkin penjualnya lupa menyetelnya. mkasih.

      Hapus
  23. msn jht sy kris portable yg 7mcm jahitan. tiba2 jarum lepas. trs wktu sy coba pasang ulang.. trnyata tidak mau nyangkut.. jd lepas trs. pdhl keadaan jarum tidak patah (utuh). mhn bntuannya.. trims

    BalasHapus
  24. msn jht sy kris portable yg 7mcm jahitan. tiba2 jarum lepas. trs wktu sy coba pasang ulang.. trnyata tidak mau nyangkut.. jd lepas trs. pdhl keadaan jarum tidak patah (utuh). mhn bntuannya.. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo jarum ga mau kenceng, lepas terus karena baud penjepit jarum masih kendur, solusinya silakan diputar spy jarum kenceng...

      Hapus
  25. Mau tnya dong kenpa suara mesin jahit manual saya saat dibuat jahit kayak ada bunyi klotak2nya
    Apa ya penyebabnya minta tolong solusinya ??

    BalasHapus
  26. Mau tnya dong kenpa suara mesin jahit manual saya saat dibuat jahit kayak ada bunyi klotak2nya
    Apa ya penyebabnya minta tolong solusinya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. biaasanya krn dudukan piston utama pada mesin kendor (goblag). Solusinya, buka penutup lingkaran depan, roda sedikit diputar sampai terlihat posisi baud piston utama, coba digerakkan pakai tangan, kendorkah? (goblag). Bila goblag kencangkan baud itu smpai ga goblag, tapi jangan terlalu kencang nanti putaran mesin jadi berat... Upayakan tidak goblag posisinya tapi putaran mesin tetap ringan. Silakan dicoba, semoga resep ini jodo ya...

      Hapus
  27. permisi saya mau tanya, mesin jahit saya mesin singer manual yg hitam. klo menjahit bahan kebaya bisa, tapi klo menjahit bahan kaos knp gak bisa ya,,benang atas dan benang bawahnya tidak terkait. padahal sudah diotak atik jg gak mau. trus posisi jarumnya terlalu kepinggir,tidak pas ditengah lubang jarum. jadi kalau menjahit jarumnya suka bengkok dan patah. minta tolong solusi nya..trimakasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo untuk bahan kaos memang ada mesin jahit yg khusus untuk jahit kaos...
      Kalo jarum tidak pas tengah lobang, itu jarang terjadi, karena dudukan tongkat yang ada jarumnya sudah dikunci baik diatas maupun dibawahnya, pakai lobang bodi mesin yg cukup kokoh tebal... Perkiraan sy itu tongkat penggerak jarum sudah sedikit bengkok mungkin? Sudah pernah dibawa tukang reparasi mesin belum ya? makasih.

      Hapus
  28. assalam. mau tanya pak. mesin jahit saya kadang kadang jahitanx kerep ( kecil sekali) selang beberapa cm normal dan jahitanya besar - besar. mohon untuk solusinya ya pak. kyak gini contoh jahitannya (..... ----- __ __ ) kecil trus besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikmslm, itu disebabkn krn setelan pengatur JARAK JAHITAN kendur, sehingga ikut berubah ketika mesin berputar... Solusinya, atur jarak jahitan yg diinginkan, dan kuncilah dengan mengencangkan pengatur jarak jahitan tersebut... smoga berhasil...

      Hapus
  29. bentuknya bukan puteran pak tapi di geser atas bawah. saya sudah sesuaikan ukuran antara 15-8. bagaimana cara menguncinya jika jarak jahitannya di geser

    BalasHapus
    Balasan
    1. misal diatur pada angka 13, lalu dikunci, maka jarak jahitan stabil. Kalo mw dirubah menjadi 11 misalnya, kendurkan kuncinya, geser ke posisinya, lalu dikunci lagi. Tadi bingung cara nguncinya ya? Biasanya pada ujung yg bisa digeser naik turun itu ada pemutar untuk menguncinya, diputar kekanan untuk mengunci, dan putar kekiri utk membebaskan kuncinya... Kalo ujungnya ga ada putarannya, mungkin terjatuh atau ilang, krn klo diputar terlalu kekiri banyak2 memang bisa lepas baudnya. Bila kondisi dmkian, belikan baud itu ke toko alat mesin jahit, hrg murah kok, smoga brhasil otak-atik ya...

      Hapus
  30. bisa gak mesin jahit saya dikasih lampu pak? dulu saya pernah liat ada singer klasik dibagian depan ada lampu dopnya. kira2 cara pasangnya gimana ya pak? setau saya ada pencetannya kecil menempel pada pitingannya. mohon penjelasannya. Terima kasih n maaf banyak nanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesin jahit, mesin obras dan mesin apa saja yg belum ada lampunya, dan ingin dikasih lampu untuk penerangan ketika bekerja, SEMUA BISA DIBERI LAMPU. Caranya, pasanglah lampu kecil dan terang di tempat yg menerangi jarum mesin jahit, hubungkan dgn power AC atau DC, beri stop-kontak untuk on-off, jadi...
      Bila menggunakan AC, gunakan kabel yg aman tidak kena body mesin yg terbuat dr besi. Hahahaa... lampu buatan sendiri malah bisa dibuat lebih terang dari lampu bawaan pabrik yaa... makasih.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  31. Mesin jahit saya butterfly manual. Hasil jahitan bagian atasnya kurang bagus karna benang bawahnya muncul ke permukaan (bagian atas). Sy coba putar pengatur keseimbangan benang (disamping kiri) Alhamdulillah benang bawahnya tdk muncul dipermukaan lg. Tapi yg jadi masalah hasil jahitan bawahnya kendor dan benang bagian atas jg kelihatan dibagian bawah. Kalau sy atur lagi hasil jahitan atasnya yg tdk bagus atau bagian bawahnya tdk bagus. Tidak pernah hasil atas dan bawah bagus bersamaan. Tolong solusinyaaaa pak.

    BalasHapus
  32. Mesin jahit saya butterfly manual. Hasil jahitan bagian atasnya kurang bagus karna benang bawahnya muncul ke permukaan (bagian atas). Sy coba putar pengatur keseimbangan benang (disamping kiri) Alhamdulillah benang bawahnya tdk muncul dipermukaan lg. Tapi yg jadi masalah hasil jahitan bawahnya kendor dan benang bagian atas jg kelihatan dibagian bawah. Kalau sy atur lagi hasil jahitan atasnya yg tdk bagus atau bagian bawahnya tdk bagus. Tidak pernah hasil atas dan bawah bagus bersamaan. Tolong solusinyaaaa pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kunci hasil jahitan yg baik adalah ada keseimbangan ketegangan antara benang atas dan benang bawah, dengan ukuran ketegangan yg pas. Meski sudah seimbang, kalo ketegangan benang terlalu kencang, berakibat hasil jahitan berkerut. Sebaliknya, meski dah seimbang kalo ketegangan benang terlalu kendor, berakibat hasil jahitan kendor. Permasalahan mesin jahit Anda, disebabkan karena ketegangan benang terlalu kendor. Solusinya, atur ketegangan benang pada skoci bawah (dengan obeng kecil), dan sesuaikan kembali ketegangan benang atasnya. Atau bila ragu mengatur skoci, cobalah ganti dengan skoci lain, kalo ga ada bisa beli skoci baru, harganya murah kok... silakan dicoba, moga berhasil diatasi...

      Hapus
  33. assalamualaikum PAK,

    Mau tanya, saya pakai mesin walking foot typical, tp benanh bawah tidak bisa ketarik benag atas kalau saya pasang jarum sampai mentok. tapi kalau jarumnya agak saya turunkan bisa tarik benang bawah namun mata jarung kadang nyentuh/gesekan dengan pemutar benang bawah/sekoci.. solusinya bagaimana ya pak?

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama, turunkan jarum smpe bisa tarik benang bawah. Kedua, klo jarum gesekan dengan skoci, coba ganti skoci yg sedikit lebih tipis dr skoci yg skg dipakai. Ketiga, bila pake smua skoci tetap spt itu, berarti dudukan skoci kurang kedalam sedikit... solusinya posisi skoci hrs diatur lagi, perlu pegang kunci pas dan obeng... bila ragu distelkan pada teknisi ato bengkel mesin jahit.

      Hapus
    2. Mau tanya pak.. Kenapa ya benang sekoci yg bawah slalu timbul ke atas jadi bordiran saya pada sisi sisi bordirnya ada putih putihnya jadi kurang bagus.. Mohon pencerahanya

      Hapus
  34. Assalamualaikum
    Tnya dong, mesin jahit saya bsa utk menjahit sekitar 7jejak kmudian benang atas kusut dlm rmh sekoci (nyangkut pada kepalanya).. selalu saja bgtu, kira2 gmn ya solusinya udh surfing tp ga ada yg bahas masalah ini. Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kesalahan pada jalur pemasangan benang atas, biasanya lepas benang pada posisi per dan piston penarik benang atas. Per dan piston penarik benang posisinya pada bagian mesin yg tertutup, sebelum benang keluar masuk ke jarum. Coba diteliti dengan seksama jalur pemasangan benang atas pada bagian yg tidak tampak dari luar dg cara buka penutupnya dg obeng dan hidupkan pada posisi terbuka...

      Hapus
    2. Assalamualaikum . Pak ini ko mesini jahit saya udh lama ga di pale pas mau di pake benangnya gamau nyatu sama benang skoci kenapa ya ??

      Hapus
    3. Assalamualaikum . Pak ini ko mesini jahit saya udh lama ga di pale pas mau di pake benangnya gamau nyatu sama benang skoci kenapa ya ??

      Hapus
    4. Assalamualaikum . Pak ini ko mesini jahit saya udh lama ga di pale pas mau di pake benangnya gamau nyatu sama benang skoci kenapa ya ??

      Hapus
  35. Assalamualaikum... mesin jahit sy merk typical. 2 hari ini hasil jahitannya tdk bagus, loncat2 spt ini (--- ---). Sy sdh naik/turunkan posisi jarum, sdh sy ganti jarum, sdh sy putar pengatur ketegangan benang atas, sdh sy minyaki jg, tp hasilnya tetap spt itu. Mhn bantuannya bgmn spy hasil jahitannya normal kembali. Trmksh...

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum... mesin jahit sy merk typical. 2 hari ini hasil jahitannya tdk bagus, loncat2 spt ini (--- ---). Sy sdh naik/turunkan posisi jarum, sdh sy ganti jarum, sdh sy putar pengatur ketegangan benang atas, sdh sy minyaki jg, tp hasilnya tetap spt itu. Mhn bantuannya bgmn spy hasil jahitannya normal kembali. Trmksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo sudah di-macem2 masih rewel juga... mungkin jenis kain yg dijahit tidak sesuai dengan mesin jahitnya. Apakah menjahit jenis kaos, atau kain lentur? Coba gunakan utk menjahit kain jenis lain yg biasanya dijahit, klo hasilnya normal berarti mesin itu ga mau menjahit jenis kain lentur seperti kaos... Tapi ada trik sederhana utk mengatasinya, diatas kain yg dijahit tambahkan kertas yang ga kepakai (koran bekas) nanti setelah dijahit tinggal dibuang kertasnya...

      Hapus
  37. nanya gan, mesinjahit saya butterfly seri 5832A, ketika dicolokin ke listrik mesinnya jalan sendiri tanpa di injak pedalnya, masalahnya apa ya?
    terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
  38. Maaf mau tanya...mesin jahit saya juki hzl 27z tiba2 jalannya mundur pdhal saya tdk menekan tuas mundur. Bagaimana solusinya? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  39. Maaf mau tanya...mesin jahit saya juki hzl 27z tiba2 jalannya mundur pdhal saya tdk menekan tuas mundur. Bagaimana solusinya? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  40. Bos saya punya mesin jahit brother baru 1 bulan awalnya di pakai lancar2 aja tp sekarang kalau di pakai jalanya lemot walaupun kita injak pedalnya kuat2 tapi naik turunya jarum sangat pelan sekali,kemarin udah coba di bersihin & di minyakin tetep sama aja msih lemot..

    BalasHapus
  41. Bos saya punya mesin jahit brother baru 1 bulan awalnya di pakai lancar2 aja tp sekarang kalau di pakai jalanya lemot walaupun kita injak pedalnya kuat2 tapi naik turunya jarum sangat pelan sekali,kemarin udah coba di bersihin & di minyakin tetep sama aja msih lemot..

    BalasHapus
  42. Mau tanya, saya punya mesin jahit janome 1312 tapi tiba2 benangnya sering putus dan jahitannya loncat2. Itu kenapa ya? Apa harus dikasih pelumas?
    Thanks!

    BalasHapus
  43. Mau tanya, saya punya mesin jahit janome 1312 tapi tiba2 benangnya sering putus dan jahitannya loncat2. Itu kenapa ya? Apa harus dikasih pelumas?
    Thanks!

    BalasHapus
  44. Mau tanya jg, mesin janome 1312 sy, benang bawah ngruwel dan putus2 terus. Itu knp ya. Mksh

    BalasHapus
  45. Mba mau tanya mesin jahit saya butterfly hitam kalau buat jahit kain biasa lancar tetapi kalau pada bagian lain yang tebal atau lipatan benang atas selalu putus.bagaimana ya solusinya mohon arahannya.terimakasih

    BalasHapus
  46. Mau nanya mas,mesin jahit saya baterfly yg lama,setiap kali menjahit jarum nya patah terus,ukuran jarum 14,jarum nya kayak manyangkut di sekoci gmana solusinya

    BalasHapus
  47. MAAF, berhubung komentar pertanyaan sudah banyak sehingga kami sering mengalami kendala GAGAL ketika akan menjawab/membalas komentar Anda. Terimakasih atas tanggapan positifnya, dan supaya lebih nyaman silakan komentar Anda disampaikan melalui facebook lpk Intan saja, dengan cara klik kotak facebook di sebelah kanan atau ketik alamat URL berikut: https://www.facebook.com/lpkintan.sruweng

    BalasHapus
  48. Permisi pak. Saya mau tanya. Mesin saya obras typical benang 4. Saya baru beli. Tapi kok jahitnya kebalik ya. Yg harusnya dari depan ke belakang ini malah dari belakang ke depan jahittannya. Gmn solusinya ya pak membalikkan arah jahitannya? Terimakasih.

    BalasHapus
  49. Permisi pak. Saya mau tanya. Mesin saya obras typical benang 4. Saya baru beli. Tapi kok jahitnya kebalik ya. Yg harusnya dari depan ke belakang ini malah dari belakang ke depan jahittannya. Gmn solusinya ya pak membalikkan arah jahitannya? Terimakasih.

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum permisi numpang nanya,kenapa ya kok setiap saya jahit bahan yg bawa malah ancur itu ada pengaruh dari mana ya?

    BalasHapus
  51. Assalamualaikum permisi numpang nanya,kenapa ya kok setiap saya jahit bahan yg bawa malah ancur itu ada pengaruh dari mana ya?

    BalasHapus
  52. Assalamualaikum,,,maaf mau tanya kalo mesin jahit ga bisa ngikutin pola jahitan kira" kenapa ya,,, jadi gini mesin saya juki hzl 27z punya 22 pola jahitan,dan masalah nya meskipun sudah di geser ke pola zig zag / pola lainnya, jahitan nya tidak berubah (tetap lurus),mohon info nya
    Terimakasih

    BalasHapus
  53. Assalamualikum... maaf mau tanya klu mesin jahit jarum ama bawahnya ga lurus gimana ya? seperti kegeser. Trimakasih

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. Mau tanya gan,klo benang tidak nyangkut saat menjahit,masalahnya apa ya?

    BalasHapus
  56. saya mau tanya, kalau jahitannya suka loncat sehingga ga lurus jahitannya itu kenapa ya ? terus bagian bawahnya benang tidak mengikat atau kendor sehingga jaitan lepas itu kenapa ?
    kemudian bagian pemutar ketegangan benang yg atas saya sudah putar ke kanan tapi tetap saja kendor dan benangnya tidak kencang walau sudah full d pitar ke kanan. itu kenapa ?

    BalasHapus
  57. saya mau tanya, kalau jahitannya suka loncat sehingga ga lurus jahitannya itu kenapa ya ? terus bagian bawahnya benang tidak mengikat atau kendor sehingga jaitan lepas itu kenapa ?
    kemudian bagian pemutar ketegangan benang yg atas saya sudah putar ke kanan tapi tetap saja kendor dan benangnya tidak kencang walau sudah full d pitar ke kanan. itu kenapa ?

    BalasHapus
  58. knpa jahitan saya benang bawahnya timbul/muncul? saya memakai juki hzl 26z. mohon bantuannya

    BalasHapus
  59. knpa jahitan saya benang bawahnya timbul/muncul? saya memakai juki hzl 26z. mohon bantuannya

    BalasHapus
  60. saat menjahit dg bhn biasa hasilx normal. tp saat kain tsb numpuk2 n jd tebal mk hasil jahitan jd loncat2. dah nyoba turunin jarum dikit n hasilx benang jd mudah putus.... gmn nih solusix agar mesin jahit jg bs menjahit bahan yg agak tebal.... mksh....

    BalasHapus
  61. Ciank brow, cara mengatasi mesin jahit brother jarum 2, bnang atas sllu putus gmna yeaaa..??

    BalasHapus
  62. mohon bantuannya pak...
    mesin jahit saya typical hig speed,biasa saya jahit kaos.
    saat masih menjahit tiba2 mesin macet,dinamo msh menyala?
    jadi jarum saat sedang menjait langsung berhenti,sya coba gerakin nggak mau susah sekali dan berat?itu disebabkan kenapa pak...? Dan bagaimana cara mengatassi / memperbaiki supaya bisa brjln normal kembali?
    terima kasih banyak sebelumnya...
    semoga tmbh sukses rizky lancar dan umur panjang,amien.

    BalasHapus
  63. Saya sangat membutuhkan pertolongannya pak ?
    bila bpk sempat boleh kirim email solusinya ke email sy?

    BalasHapus
  64. Pak maf mau tanya, saya dapet warisan mesin jahit dari nenek, mesinjahitnya udh karatan, sampe" g bisa muter, kira" masih bisa dipake g ya kalo kondisi gitu? Mohon jawabannya pak, hatur nuhun

    BalasHapus
  65. Saya mau nanya, saya punya mesin jahit portable. Bary saya beli sebulan yang lalu. Tapi beberapa hari ini entah kenapa mesin jahitnya langsung jalan sendiri begitu saya tekan tombol on walaupun pedalnya belum saya injak. Ada yang tau kira2 apanya yg rusak? Makasih

    BalasHapus
  66. mesin jahit saya veritas .. jarumnya sering patah ternyata jarumnya ga masuk ke sekoci dan terbentur putaran atas sekoci ... mohon pencerahanya bagaimana mengatasinya

    BalasHapus
  67. Maaf mas, sy mau nanya, mesin jahit sy merk typical gc 20606 2 jarum. Sebelumnya bagus menjahit, pas sy mau gunakan lagi,alah mesinnya gak bisa menjahit, tp klo menjahit jalan mundur bisa mas, gimana tuh solusinya? Makasih.

    BalasHapus
  68. Pak, saya pakai mesin jahit jaguar 592 (computer sewing machine), saat mencoba membuat tas dengan bahan kanvas beserta pelapis busa dan kain inner, saya menggunakan benang ukuran 40, ketika baru bbrp cm benang di lubang jarum brudul, posisi jarum sdh benar, dan benang bawah baik2 saja. Saat saya coba mengganti benang atas dgn benang jahit biasa maka jahitannya lancar. Mohon petunjuknya. Trm ksh

    BalasHapus
  69. Lampu dimesin jahit sering mati/rusak...kenapa ya?
    Sehari dipake bisa ganti smp 3x..mohon bantuannya. Makasih

    BalasHapus
  70. Lampu dimesin jahit sering mati/rusak...kenapa ya?
    Sehari dipake bisa ganti smp 3x..mohon bantuannya. Makasih

    BalasHapus
  71. Mesin jahit.portable sy g mau.muter apa solusinya ya...

    BalasHapus
  72. Bos.. Mesin bordir portable saya.. Benang bawah atau soekoci nya .. Selalu timbul ke atas.. Kenapa ya bos.. Jadi d pinggir bordiran saya ada putih putih nya dari benang sekoci. Solusi nya apa ya.. Padahal saya sudah ganjel biar ga kendor.. Cara pas sin benang atas sama bawah keliatan pas nya dari mana ya.. Makasih

    BalasHapus
  73. Bos.. Mesin bordir portable saya.. Benang bawah atau soekoci nya .. Selalu timbul ke atas.. Kenapa ya bos.. Jadi d pinggir bordiran saya ada putih putih nya dari benang sekoci. Solusi nya apa ya.. Padahal saya sudah ganjel biar ga kendor.. Cara pas sin benang atas sama bawah keliatan pas nya dari mana ya.. Makasih

    BalasHapus
  74. Gan mesin jahit jarum 2 saya beneng bawahnya ga bisa kenceng.
    padahal benang ats sudah pas saya stel dengan benang bawah

    BalasHapus
  75. Gan mesin jahit jarum 2 saya beneng bawahnya ga bisa kenceng.
    padahal benang ats sudah pas saya stel dengan benang bawah

    BalasHapus
  76. Mas saya juga ada kendala dengan mesin jahit singer. Jarak jahitan.a terlalu rapat gak bisa dijarangi lagi menggunakan tuas yg ada.. solusi.a ditunggu ya mas. Terima kasih sebelum.a

    BalasHapus
  77. Mas saya juga ada kendala dengan mesin jahit singer. Jarak jahitan.a terlalu rapat gak bisa dijarangi lagi menggunakan tuas yg ada.. solusi.a ditunggu ya mas. Terima kasih sebelum.a

    BalasHapus
  78. mohon solusi
    mesin jahit saya singer 9100. awalnya norml saat sya guakan menjahit, ketika saya mo buat lubang kancing tiba2 benang nyangkut di sekoci dan berhenti muter. setelah saya bersihkan bisamuter tp nyangkut lagi. masalahya dimana ya. terima kasih

    BalasHapus
  79. Saya mau nanya klo jahitan mesin jahit saya itu kadang terlalu rempet atu kecil kecil kadang normal kadang terlali besar besar gitu solusi nya gimana?agar jahitan mesin jahit saya itu normal terus?

    BalasHapus
  80. Assalamu'alikum...
    gan mau tanya dong... Saya beli mesin jahit butterfly, dipake buat jahit tidak terjadi kaitan antara benang atas dan benang bawah, benang spulnya lepas terus, padahal posisi jarum sudah tepat, mohon solusinya terima kasih

    BalasHapus
  81. Benang dari bawah nga muncul... solusinya gemana ya...?

    BalasHapus
  82. Kalau hasil jahitannya longkap2 gtu, jadi besar2.. Itu kenapa yah? Padahal setelan smua nya udh bener, sekoci dan jarumnya pun baru, gak tumpul. Trims

    BalasHapus
  83. udah 2 kali ngalamin jarum patah ketika menjahit. pas dicek, ternyata si jarum kena rumah sekoci, nabrak gitu. solusinya gimana ya pak? terima kasih.

    BalasHapus
  84. Mohon bantuannya saya pengguna medin jahit portable fhsm 505A yang saya mau tanyakan bagaimana mengatasi jahitan longgar???
    Mohon bantuannya dan terimakasih sudah berkenan membantu

    BalasHapus
  85. Mohon bantuan nya...benang skoci mesin jait saya kok menggumpal terus ya gimana cara memperbaikinya?mesin saya mesin portable singer 9836c

    BalasHapus
  86. Pak mau tanya... Kok mesin jahit saya jlannya mundur kenapa ya ( mesin jahit butterfly yang sudah pake dinamo )

    BalasHapus
  87. Jalannya mesin jahit tidak lancar padahal ukuran jahitannya sudah besar.
    Itu kenapa ya gan.

    BalasHapus
  88. bagai mna solusix klau msin sering lompat2, klau dipakai jhitan tdak rata kadang benag atas tdak mau mngait benang bawah

    BalasHapus
  89. Bagaimana sepatu nya tidak mau turun menempel kebawah .mohon bntuanya

    BalasHapus
  90. Mhon bantuan.y, mesin obras saya arahnya kedepan,, bagaimana supaya arah.y kebelakang??

    BalasHapus
  91. Gimana ya kok benang bawah ndk mau terkait dengan brnang atas mesin jahit portable

    BalasHapus
  92. Kalo skoci susah di copot kenapa ya, soalnya baru beli

    BalasHapus
  93. pak bos bagaimana menyetel langkah sepatu pada mesin jarum 2 typical,kalo jaknya pendek benang tidak putus,tapi kalo langkahnya dikasih jarang malah putus,tergulung,,mohon solusinya

    BalasHapus
  94. pak sy mau nanya kenapa mesin buterfly hitam sy setiap sy pasangi spatu lubang kancing benangx kok gk bisa mengait padahal sy masang sdh sesuai dg tutorial yg ada,mohon solusix trims

    BalasHapus
  95. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  96. Kalo mesin jahit dengan rangka plastik apa tetap.haris di.beri pelumas dan sebaiknya dalam sevulan berapa kali di.beri pelumas

    BalasHapus
  97. Mas, kalo stikan/ pengatur jarak mesin jahit naik sendirj gmana y mas

    BalasHapus
  98. Saya mau nanya mas mesin saya merk typical masih baru dan pas saya nyalakan kok kyk macet dan keluar asap di mesin nya... Mohon bantuannya bagi yg tau.. sekian terima kasih 😁

    BalasHapus
  99. Main kaitan saya yg atas hasil ok tapi yg bawa itu yg ke masala.pdahal Uda pernah q bawa ke bengkel jait.dpt 2hri kembali LG hasilnya..trims atas jwbnya

    BalasHapus
  100. Mesin jait saya butterfly yg atas hsilnya ok.tp yg bawa jelek kendor.trims tas jwbnya

    BalasHapus
  101. kalo solusi untuk mesin yg suka matahin jarum gimana gan. jadi tu mesin ku suka matahin jarum sampai bnyk patahan. awalnya stikan pada jahitannya itu suka kendur bawah udh di kencangkan puteran benang atasnya. eh lama kelamaan. matahin jarum terus pas matahin itu sekoci posisinya gak normal jd balik 180 derajat dr normal pemasangan awal. tolong di respon ya gan, makasih gan..

    BalasHapus
  102. Kalau jarumnya mudah tumpul gimana ya? Iki pakai jarum singer

    BalasHapus
  103. Mesin jahit saya jln mundur, itu gimana cara perbaikinya ya, makasih..

    BalasHapus